Panji Milenial

3 Rekomendasi Makanan Halal di Medan yang Patut Kamu Coba!

Written by Habibah Auni

PANJIMASYARAKAT – Kota Medan memang istimewa. Selain namanya yang karib di ingatan kita, kota Medan menawarkan pengalaman menarik bagi orang-orang yang menghampirinya. Mencicipi makanan khas, menjadi salah satu di antaranya.

Nah, tahukah Anda bahwa ternyata Medan menyediakan banyak makanan halal yang sangat menggugah selera? Berikut makanan halal Medan yang membuat kita ingin mencicipinya.

  1. Lontong Medan Kak Lin

Lontong merupakan makanan halal nusantara yang sudah melegenda sejak zaman sedia kala. Menu yang biasanya disajikan dalam bentuk lontong nan kuah yang pedas ini sangat nikmat bila disantap pada pagi hari.

Rasanya yang apik itu sudah cukup mengenyangkan perut warga Indonesia. Lalu, apa yang membedakan lontong Medan kak Lin dengan lontong lainnya?

Sebelumnya, Anda harus tahu bahwa lontong Medan kak Lin sudah ada sejak 20 tahun lalu. Yang bahkan sudah menjadi incaran banyak warga kota Medan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun diberitakan sudah pernah melahap makanan halal itu. Sehingga tidak lengkap rasanya jika Anda ke Medan tanpa merasakan dulu gurihnya lontong Medan kak Lin!

Apalagi, menu lontong yang disajikan Warung Kak Lin sangat beragam. Mulai dari lontong sayur, lontong pecal, lontong mie, lontong tahu goreng, dan lontong-lontong lainnya dengan rentang harga Rp10.000 – Rp 20.000 tiap porsinya.

Semua lontong ini memiliki cita rasa yang khas, dengan komposisi manis dan pedas yang sangat pas. Rasa itu semakin tajam dengan bumbu pecel yang disiram di atas sayuran, campuran santan, dan tauco. Dan kelezatan lontong Medan Kak Lin semakin komplit dengan tambahan berupa sayuran segar, lontong, serta telur balado.

Bagaimana, Anda semakin tertarik untuk mencoba makanan halal ini? Jangan khawatir! Anda bisa menyambangi Warung Kak Lin yang berlokasi di Jalan Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan. Tapi hati-hati ya! Anda harus bergegas menghampiri Warung Kak Lin. Kalau bisa, datanglah pagi-pagi. Jangan saat pukul 10.00 WIB, di mana warung Kak Lin menutup gerai!

  1. Mie Rebus Dewar

Sekilas terdengar seperti dewa, tapi ternyata bukan. Yap, inilah mie rebus dewar, makanan halal Medan lainnya yang patut Anda coba! Mie yang seringkali diwartakan ini memiliki cita rasa khas yang pastinya berbeda dengan mie lainnya! Sebab Mie rebus dewar memiliki saus yang sangat menggugah rasa! Ditambah lagi dengan kuah kaldu yang terbuat dari pala, cengkeh, merica, dan bumbu dapur lainnya. Ketika dikecap di lidah, rasanya begitu kental dan manis!

Selain itu, ada tambahan lainnya lho yang niscaya membuat perut Anda kenyang. Mulai dari tahu goreng, daun seledri, ebi goreng, rebusan kentang, telur rebus, hingga kerupuk. Rasanya sangat gurih, dan pasti Anda akan puas melahap mie rebus dewar!

  1. Nasi Kentut

Sepintas pasti makanan halal ini terdengar aneh di telinga Anda. Tapi tunggu dulu, nama makanan ini tidak datang begitu saja, ada asal mulanya lho! Bahwa ternyata, nama nasi kentut berasal dari daun kentut yang digunakan dalam makanan itu.

Bahkan, daun kentut diketahui memberikan rasa yang nikmat pada nasi. Nah, kelezatan nasi kentut tidak hanya sampai di situ saja! Dengan adanya bumbu rempah-rempah, nasi ini terasa semakin gurih. Daun pisang yang membalut nasi kentut ini membuat kita tidak rugi memakannya!

Anda tidak puas jika hanya memakan nasi kentut? Tenang, masih ada lauk pauk yang siap memuaskan perut Anda, seperti ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, mi goreng, ayam goreng, pepes oncom, dan lauk pauk lainnya.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk mencoba makanan halal ini, Anda bisa menyambangi warung yang menjual nasi kentut Medan. Salah satunya terletak di Jalan Wahidin No.24, Medan. Datanglah sekitar pukul 12.00 -18.00, dan Anda dapat segera menyantap nasi kentut yang sedang hangat-hangatnya.

About the author

Habibah Auni

Habibah Aini merupakan content writer intern Panji Masyarakat batch 2. Kini ia tengah berkuliah di Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada.

Tinggalkan Komentar Anda