Panji Milenial

6 Kuliner Halal yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Lampung

Written by Eva Gianinna

PANJIMASYARAKAT – Lampung atau yang lebih dikenal sebagai Kota Siger merupakan sebuah provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera. Lampung memiliki ibukota Bandar Lampung sebagai jantung perkotaan. 

Kota Bandar Lampung sendiri semakin berkembang dan menjadi salah satu destinasi turis. Berbicara mengenai turis, belum afdol rasanya jika belum membahas wisata kuliner. Bandar Lampung ternyata juga memiliki banyak kuliner yang menarik untuk dibahas. 

Bagi anda yang memeluk ajaran Islam, tenang, kali ini kami akan meliput berbagai kuliner halal di Lampung. Apa saja sih rekomendasi kuliner halal tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini!

  1. Bakso Sony

Sajian makanan berkuah satu ini memang sudah mendunia ya! Jika Malang terkenal dengan bakwan malang, maka Lampung juga memiliki kedai bakso sapi yang terkenal loh, namanya Bakso Sony. 

Kedai yang memiliki banyak cabang ini bisa dibilang merupakan kuliner legenda sebab kelezatannya boleh dikatakan terkenal di seluruh Indonesia. Kini, Bakso Sony berkembang tidak hanya menjajakan bakso, tetapi juga menjual pempek dan rolade.

  1. Restoran Begadang

Apakah anda pecinta nasi padang? Jika jawabanmu ya, anda wajib mengunjungi restoran padang paling populer di Lampung, Begadang. 

Restoran ini memiliki lima cabang yang tersebar di seluruh Bandar Lampung dan terkenal dengan sajian ayam gorengnya. Jika Anda mengira ayam goreng yang dijual sama saja dengan ayam goreng di berbagai daerah lainnya, maka pendapat anda salah. 

Setelah direndam bumbu cukup lama, ayam goreng Begadang tidak lantas digoreng tetapi masih dibaluri lagi dengan adonan telur yang tebal. Setelah itu, dimasukkan pada rendaman terigu dan digoreng hingga benar-benar crispy. Proses memasak yang berbeda inilah yang membuat ayam goreng Begadang begitu diminati penggemarnya.

  1. Mie Khodon

Berikutnya ada mie tek-tek yang terkenal di Lampung yaitu Mie Khodon. Mie satu ini juga merupakan salah satu kuliner legenda di Lampung. Dari segi tempat dan menu, Mie Khodon merupakan kedai mie sederhana yang menyajikan olahan mie dan bihun. Jenisnya pun hanya tiga macam, yaitu rebus, goreng dan nyemek

Mie tek-tek Khodon terkenal dengan kelezatan dan aroma udang (ebi) yang tajam. Walapun memiliki aroma udang yang menyengat, Mie Khodon justru sama sekali tidak menyajikan topping udang di menunya, hanya sayur dan suwiran ayam sebagai topping. 

Tenang, Anda dapat request jika tidak suka ebi. Namun, Anda harap maklum dengan jam buka dan tutup Mie Khodon yang cukup tricky. Buka sore dan tutup saat sudah habis.

  1. Warung Kopi Dunia

Berbincang mengenai kuliner belum lengkap rasanya jika belum membahas menu sarapan. Apakah anda menyukai sajian ala warkop? Jika ya, anda harus mencicipi kelezatan menu sarapan dari Warung Kopi Dunia. 

Warung kopi yang memiliki tiga cabang ini termasuk daftar kuliner legenda di Lampung loh. Jika anda mampir, anda harus mencoba kelezatan dari menu lontong sayur. Cita rasa lontong daun ditambah dengan deretan pilihan sayur yang nikmat akan sangat menggugah selera Anda. 

Setiap harinya, menu sayur berubah-ubah sehingga ada banyak kejutan yang bisa dinanti. Jangan lupa minumnya secangkir kopi asli Lampung hangat. Tidak hanya menyajikan lontong sayur, Warung Kopi Dunia juga menyajikan bubur, telur setengah matang, roti bakar dan masih banyak lagi.

  1. Pempek Nori

Salah satu kuliner yang terkenal di Lampung adalah pempek. Lampung yang bersahabat dengan Palembang jadi memiliki kesamaan kuliner yaitu pempek. 

Berbicara pempek, di Lampung, ada satu kedai pempek yang terkenal dengan pempek keju loh, namanya Pempek Nori. Sesuai namanya, pempek keju memiliki isian keju dan memiliki citarasa yang empuk dan lezat!

  1. Pie Pisang Yussy Akmal

Lampung juga terkenal dengan kuliner berbahan dasar pisang. Salah satu olahan pisang yang terkenal adalah pie pisang dari Yussy Akmal. Pie pisang merupakan pie yang diisi dengan potongan pisang asli lalu disiram dengan adonan semacam egg tart kemudian ditaburi berbagai topping seperti almond, keju, coklat, bahkan green tea. Keunikan dari pie pisang satu ini adalah bentuknya menyerupai pisang asli! Lucu banget ya.

Wah, ternyata ada banyak kuliner yang menarik untuk dicoba ya di Lampung! Sebenarnya, masih banyak kuliner enak lainnya tetapi kami fokuskan yang unik dan legenda dulu ya! Jangan lupa untuk mampir saat berwisata ke Lampung!

About the author

Eva Gianinna

Eva Gianina K merupakan magang content writer batch 2.

Tinggalkan Komentar Anda