Ads
Tasawuf

Bertasawuf Mengolah Karsa Rahsa Cipta (2): Ini Kata Prof. K.H. Ali Yafie

Ditulis oleh Panji Masyarakat

Adalah suatu kepentingan utama bagi kita semua yang sedang menikmati kehidupan di muka bumi untuk berupaya memahami hakikat dan watak kehidupan  yang penuh misteri itu.


Dalam hubungan ini maka kehadiran buku Bertasawuf Mengolah Karsa Rahsa Cipra Memaknai Kehidupan  (judul edisi revisi dari judul edisi I dan II: Memaknai Kehidupan, ed), dapat membantu para pembaca yang budiman untuk mengenal apa itu kehidupan dan bagaimana wataknya.


Penulis buku ini berbicara kepada orang- orang dekat yang dicintainya mengisahkan perjalanan hidupnya sendiri dan banyak penyelaman hidup yang sudah dijalaninya, di mana sepanjang perjalanan itu ia mampu belajar dengan baik dari pengalaman yang banyak itu, lalu berupaya lewat buku ini melimpahkan pengalaman berharga itu kepada orang-orang yang dicintainya dan diharap dapat belajar dari kehidupan yang sedang dijalaninya masing- masing.


Penuturan dan pengungkapan sebagaimana yang dilakukan dalam buku ini adalah suatu metode pendidikan yang sejumlah orang-orang besar tokoh dunia yang terkenal pernah melakukannya seperti Imam Al-Gazali r.a. dalam bukunya Al Munqidz Minadhalal.


 Saya menghargai upaya seperti ini. Satu hal yang saya sambut secara khusus dalam buku ini ialah pembicaraan tentang posisi dan status manusia dalam kehidupannya di muka bumi karena ternyata tidak sedikit jumlahnya manusia hidup dalam keadaan “tidak tau diri.”


Oleh karenanya maka ia pun “tidak tau menempatkan diri” dan selanjutnya “tak tau membawa diri” dalam pergaulan ramai di tengah masyarakat. Perilaku seperti itulah yang banyak memicu konflik hubungan pribadi maupun dalam hubungan kelompok sampai kepada kehidupan antar bangsa.


Masalah kunci dalam hal tersebut di atas ialah posisi dan status manusia selaku khalifah fil ardh. Statusnya sangat terhormat dan ia mendapatkan kepercayaan dan penghargaan dari sang Pencipta: Allah Swt. untuk mengemban amanah  mengelola bumi tempat huniannya, memelihara dan memberdayakannya untuk dapat dinikmati bersama secara benar dan adil dalam suasana damai dan bersahabat. Yang Maha Pencipta, karena kasih sayang-Nya kepada manusia selaku makhluk-Nya yang naif penuh kelemahan dan keterbatasan, maka Ia menganugerahkan petunjuk jalan yang dapat membimbing manusia meniti dan menata hidupnya supaya selamat sentosa selama menjalani hidupnya di dunia dan dapat berkelanjutan menyeberang ke alam keabadian di hari Akhir.


Suatu nur hidayat yang telah membimbing penulis buku ini sangatlah bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Semoga isi buku ini menjadi amal jariah yang terus menerus akan menambah khazanah amal saleh dari penulisnya dan memperoleh nilai abadi yang indah di sisi Yang Maha Pengasih dan Penyayang Allah Swt. (K.H. Ali Yafie)
 
 

Tentang Penulis

Panji Masyarakat

Platform Bersama Umat

Tinggalkan Komentar Anda

Discover more from PANJI MASYARAKAT

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading