Ramadan

MUTIARA HIKMAH PUASA: Agar Tidur Kita Menjadi Ibadah

Written by Panji Masyarakat

Bulan Ramadan sudah di depan mata. Bagaimana kita mempersiapkan diri untuk menyambutnya? Apakah dengan menyiapkan aneka makanan lezat buat sahur dan berbuka? Ataukah pakaian baru dan merancang mudik lebaran. Atau menyebarkan aneka ucapan popular di media massa? Itu saja?


Banyak hal populer yang terkait dengan puasa, yang sering menjadi bahan perbincangan sehari-hari, lebih-lebih di era global dengan media komunikasi yang luar biasa cepat dan super canggih ini. Namun demikian ternyata masih banyak yang belum memahami makna dan hakikat dari hal-hal popular yang dibicarakan, sehingga ungkapan-ungkapan yang menyertai terasa hambar atau bahkan keliru.


Buku “Mutiara Hikmah Puasa, Agar Tidak Hanya Sekadar Mendapat Lapar dan Haus” ini, berisi sejumah tips dan menjelaskan hal-hal yang terkait dengan puasa misalnya masalah taubat dan maaf memaafkan sampai dengan berbagai mutiara kehidupan yang tersimpan di dalam hakikat dan hikmah puasa, agar bukan hanya selama puasa Ramadan saja “nafas kita menjadi tasbih dan tidur kita menjadi ibadah”, melainkan berlangsung sepanjang tahun, sepanjang kehidupan selanjutnya.


Memahami hakikat dan hikmah puasa itu penting, agar puasa kita bisa berkah dan tidak seperti yang diperingatkan Kanjeng Nabi Muhammas Saw.,sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Ath-Thab- rani, yaitu: “Banyak orang yang berpuasa, namun tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya tersebut, kecuali hanya rasa lapar dan haus saja.”


Buku yang ditulis B.Wiwoho ini merupakan edisi revisi, yang merangkum tulisannya di berbagai buku dan media online, terutama panjimasyarakat.com, yang terus istiqamah melanjutkan perjuangan Buya Hamka, yakni menjadikan Panji Masyarakat sebagai media penyebar ilmu pengetahuan dan kebudayaan, sebagai jembatan antarkalangan, dalam rangka melaksanakan amar makruf nahi munkar.


Atas buku ini, Dewan Penasihat Panji Masyarakat Prof.K.H.Ali Yafie menyatakan: “Dalam rangka menyambut serta memaknai Ramadan, salah satu hal yang perlu kita perhatikan dan sebaiknya kita lakukan adalah apa yang diuraikan di buku saku ini. Maka marilah kita sama-sama membaca dan mengambil hikmahnya.”


Buku setebal 177+xvii halaman dan berukuran 11x 180 cm ini diterbitkan oleh Panji Masyarakat. Dapat dipesan ke No. 0811873332 (WA)

About the author

Panji Masyarakat

Platform Bersama Umat

Tinggalkan Komentar Anda