Panji Milenial

Makanan Khas yang Disajikan Saat Hari Kebesaran Islam

PANJIMASYARAKAT – Hari kebesaran islam adalah momen yang menyenangkan bagi umat islam, karena biasanya ada banyak makanan khas yang selalu dirindukan. Terutama pada saat Idul Fitri dan Idul Adha. Namun tidak menutup kemungkinan makanan ini juga dijual di hari – hari biasa. 

Makanan saat hari besar islam bermacam-macam. Dimulai dari makanan kering, berkuah, pedas, hingga kue-kue yang disajikan pada toples. 

Berikut daftar makanan yang sering disajikan saat hari kebesaran islam. 

  1. Opor Ayam

Opor ayam adalah makanan yang gurih dan nikmat. Opor ayam adalah makanan yang dibuat dari ayam dan dimasak dengan rempah-rempah dan santan, sehingga opor ayam menjadi makanan yang sedap dan nikmat. 

Kandungan dalam opor ayam biasanya terdiri dari santan, lontong, ayam, kentang, dan telur. Dari bahan-bahannya opor ayam memiliki banyak protein dan karbohidrat.

Opor ayam menjadi makanan khas yang disajikan pada Idul Fitri dan Idul Adha. Meski begitu di hari-hari biasa, opor ayam juga banyak ditemukan. Sebab, banyak orang yang menyukai opor ayam.

  1. Gulai

Gulai menjadi makanan khas yang biasanya disediakan ketika hari-hari besar islam. Gulai terdiri dari daging kambing atau sapi yang berkuah santan dan berwarna kuning berasal dari rempah-rempah yang menjadi bumbunya. Namun pada dasarnya gulai memiliki makanan varian yang terdiri dari beberapa jenis. 

Selain hari besar islam, gulai juga dapat dinikmati ketika ada momen atau acara bersama keluarga. Memasak gulai membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi jika berhasil maka akan mendapat rasa yang enak. Memasak gulai bisa gagal ketika santan menggumpal dan tidak menyatu dengan kuah gulainya. 

  1. Ketupat

Ketupat adalah makanan khas yang sering disajikan ketika hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Ketupat bisa disebut juga lontong namun ketupat dibuat dari cetakan daun kelapa muda. 

Ketupat dibuat dengan menganyam terlebih dahulu daun kelapa yang masih muda lalu diisi oleh beras kemudian direbus hingga mendidih. Biasanya ketupat disajikan juga dengan “lepet”. 

“Lepet” adalah makanan yang terdiri dari beras ketan, parutan kelapa dan kacang tanah. Pembuatan lepet dengan cara mencampurkan semua bahan kemudian dibungkus menggunakan daun kelapa muda yang diikat dengan tali rafia. 

  1. Rendang

Rendang selain menjadi makanan khas Indonesia juga menjadi makanan khas yang disajikan saat hari-hari besar islam. Rendang adalah kuliner yang berasal dari Minang, Sumatera Barat. 

Namun rendang dapat ditemukan setiap hari di berbagai rumah Padang. Rendang menjadi perpaduan yang sempurna karena memiliki rasa yang lezat dan gurih dengan perpaduan rempah tradisional dan santan kelapa. 

Rendang menjadi makanan yang disediakan ketika hari-hari besar islam karena dapat menjadi pelengkap bersama keluarga. Di satu sisi pembuatan rendang membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar  7 hingga 8 jam. 

Nah, dari berbagai jenis makanan diatas makanan mana yang pernah kalian coba? Tetapi, hati-hati ya, makanan khas di hari besar islam ini banyak yang bersantan dan pedas. Meskipun rasanya lezat, kita tetap harus menjaga kesehatan dan rajin-rajin berolahraga ya!

About the author

Balighotul Hikmah

Balighotul Hikmah merupakan content writer intern Panji Masyarakat batch 2.

Tinggalkan Komentar Anda