Panji Milenial

Berencana Melancong di Turki? Wisata Ini Wajib Masuk Daftar Itinerary Kamu!

Written by Alfiah Khairiatul

PANJIMASYARAKAT – Siapa sih yang tidak tahu Turki? Negara yang terletak di kawasan Eurasia ini merupakan salah satu negara muslim yang cukup besar dengan populasi sekitar 99 persen dari jumlah penduduk.

Turki mempunyai banyak tempat dan bangunan bersejarah yang unik, karena terdapat perpaduan khas antara Asia dan Eropa.  Arsitekturnya bergaya klasik sekaligus modern, membuatnya jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Beberapa tempat wisata di Turki sering dikunjungi para wisatawan, khususnya yang beragama islam. Sebab, Turki merupakan negara yang cocok untuk mengulik sejarah peradaban Islam atau sekadar bertadabur alam. 

Jika kamu berlibur ke Turki, pastikan tiga destinasi ini masuk dalam itinerary kamu ya!

1. Masjid Biru 

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Masjid Biru.

Masjid yang bernama Asli Masjid Sultan Ahmed  ini berada di daerah Istanbul, Turki. Disebut Masjid Biru karena pada saat dibangun interiornya dominan dengan warna biru walaupun sekarang sudah tidak terlalu terlihat warnanya.

Sesuai dengan namanya, masjid ini dibangun oleh Sultan Ahmed I  pada Abad Ke 16 yang merupakan masjid pertama dari kekaisaran Ottoman.

Masjid ini memiliki lima kubah utama, enam menara, dan delapan kubah sekunder. Itu menunjukkan betapa megahnya masjid ini. Arsitek Masjid Biru, Sedefkar Mehmed juga menggabungkan gaya arsitektur Islam tradisional dan Kristen Byzantium yang membuatnya menjadi unik dan ikonik. 

Bagian dalam masjid juga terlihat sangat indah, karena dihiasi oleh lantai biru yang datang dari Iznik. Dindingnya juga dihiasi kaligrafi ayat-ayat suci yang membuat siapapun khusyuk saat menunaikan salat di sana.

2. Museum Istana Topkapi

Istana Topkapi adalah rumah bagi semua sultan Utsmaniyah hingga empat abad. Istana ini dibangun pada abad ke 14 oleh Sultan Mehmed II. Sementara pada abad ke 19 Istana ini baru dijadikan Museum.

Museum Istana Topkapı terkenal tidak hanya karena arsitektur dan koleksinya, tetapi juga karena sejarah dan budaya Kekaisaran Ottoman. Salah satu koleksinya yang paling terkenal adalah berlian yang dinamakan Berlian Spoonmaker. Berlian 86 karat ini merupakan berlian terbesar dalam koleksi kekaisaran Ottoman.

Istana ini mempunyai dua halaman utama. Perpaduan gaya arsitektur dan dekorasi yang ditemukan di seluruh Istana Topkapı terlihat jelas di halaman pertama. Pada  Halaman kedua memajang koleksi kekaisaran, seperti perbendaharaan eksternal dan juga senjata kekaisaran.

Tradisinya masih kental, di dalam bangunan ini selalu terdengar lantunan ayat suci Alquran selama 24 jam yang dibacakan hafiz yang ditunjuk Presidensi Urusan Agama (Diyanet Isleri Baskanligi) dari zaman kekaisaran hingga saat ini. 

Sungguh, sebuah destinasi yang selalu mengingatkan kita kepada Allah saat berada di dalamnya. Dengan lantunan ayat suci, kita senantiasa mendapatkan pahala saat mendengarnya.

3. Grand Baazar

Ketika melakukan perjalanan wisata tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas ataupun berbelanja souvenir  di tempat tersebut. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah pasar Grand Baazar. 

Ini adalah pasar tertua di Turki, sudah berusia lebih dari 500 tahun. Pasar ini sudah ada sejak zaman kerajaan Ottoman. Lokasi terletak di Istanbul, tepatnya di Distrik Fatih. Banyak sekali makanan halal dan unik di sini.

Diperkirakan ada 300 toko yang berjualan di pasar ini. Mulai dari makanan, snack, dan cendera mata ada di pasar tersebut. Sebuah tempat yang pas untuk membeli oleh oleh untuk keluarga dirumah. 

Itulah 3 tempat yang wajib ada dalam itinerary kamu ketika mengunjungi Turki. Semoga membantumu dalam merencanakan perjalanan ya. 

About the author

Alfiah Khairiatul

Alfiah merupakan content writer internship Panji Masyarakat batch 2.

Tinggalkan Komentar Anda