Panji Milenial

Wow! 7 Destinasi Wisata Islami Ini Tak Pernah Sepi Saat Ramadan

Written by Bella Andani

PANJIMASYARAKAT – Sebentar lagi kita memasuki bulan ramadan. Di Indonesia, biasanya masyarakat melakukan berbagai tradisi. Seperti berziarah maupun mendatangi tempat – tempat wisata religi.

Ada destinasi wisata islami yang bisa menjadi pilihan banyak kaum muslimin. Berikut tujuh destinasi wisata yang bisa kamu pilih datangi menjelang ramadan 1442 Hijriah. Ketujuh tempat ini, biasanya tak pernah sepi lho ketika ramadan tiba!

1. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal adalah salah satu masjid yang cukup ramai pengunjung saat ramadan, idul fitri, dan idul adha. Bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke masjid ini, kamu bisa berkunjung karena banyak kegiatan keagamaan yang tentunya akan menambah wawasan kamu mengenai agama islam.

Perlu kamu ketahui bahwa Masjid Istiqlal ini adalah masjid yang terbesar di Asia Tenggara lho! Banyak pemimpin dunia termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama pernah berkunjung ke sini.

2. Masjid Agung Serang Banten

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Serang, Banten saat Ramadan wajib mengunjungi Masjid Agung Banten ini, karena bukan hanya banyak kegiatan keagamaan. Di sekitar Masjid Agung Banten pun banyak jajanan takjil untuk berbuka puasa. Menariknya, jajanan takjil disediakan dalam bentuk seperti all u can eat.

3. Wisata Religi Banten Lama 

Di Banten memang banyak wisata religi. Seperti yang kita ketahui, Banten merupakan kota sejuta santri dan seribu kyai, salah satu wisata religi yang terkenal adalah wisata religi Banten Lama.

Banten Lama adalah situs yang merupakan sisa kejayaan Kerajaan Banten. Di tempat ini terdapat banyak situs peninggalan dari Kerajaan Banten, diantaranya Istana Surosowan, Masjid Agung Banten, Situs Istana Kaibon, Benteng Speelwijk, Danau Tasikardi, Meriam Ki Amuk, Pelabuhan Karangantu, Vihara Avalokitesvara.

Kamu bisa berkunjung ke sini sekaligus bisa belajar mengenai sejarah.

4. Masjid Agung Semarang

Masjid agung Jawa Tengah yang berlokasi di Semarang ini menjadi menjadi salah satu destinasi wisata religi terbaik di Indonesia untuk kamu. Masjid ini memiliki gaya arsitek perpaduan Jawa, Islam, dan Romawi.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Semarang Jawa Tengah dilengkapi dengan beberapa fasilitas lengkap, seperti perpustakaan, auditorium, penginapan, ruang akad nikah, serta museum perkembangan islam.

Ada juga kafe di bagian menara Asmaul Husna yang memiliki ketinggian 99 meter itu.

5. Masjid Raya Baiturrahman

Aceh mempunyai segudang destinasi wisata religi, salah satunya yang tak pernah sepi dan menjadi kebanggan masyarakat Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid tersebut punya arsitektur yang sangat indah, sekilas seperti Taj Mahal India.

Saat Ramadhan tiba tempat ini akan ramai pengunjung karena banyak aktivitas keagamaan yang digelar di sana, berkunjung ke masjid ini kamu juga bisa mempelajari sejarah penyebaran agama islam di Aceh

6. Kampung Ramadan Kauman

Masyarakat Yogyakarta pasti sudah tidak asing dengan destinasi wisata religi satu ini. Sebenarnya Kampung Ramadan adalah nama kampung bernama Kauman yang punya nuansa Islami sangat kental ketika bulan puasa tiba.

Kampung ini terletak sekitar satu kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Tak jauh dari pusat kota yang membuat kampung ini banyak dikunjungi.

Ada hal yang menarik setiap bulan Ramadan tiba, kampung ini seketika akan berubah menjadi sentra takjil yang sangat ramai pengunjung. Jika kamu adalah orang yang senang berwisata kuliner, lokasi ini layak kamu kunjungi.

7. Masjid Terapung Amirul Mukminin

Wisata religi menarik lainnya ada di Makassar. Namanya Masjid Terapung Amirul Mukminin. Sesuai namanya masjid ini sangat unik karena dibangun terapung diatas Pantai Losari.

Masjid Terapung merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Saat Ramadan tiba banyak wisatawan yang berkunjung untuk beribadah atau dan sekadar menikmati arsitekturnya yang unik.

Lokasi Masjid yang terletak di pusat kota Makassar juga membuat banyak wisatawan mampir di tempat ini.

Nah, itu dia tujuh destinasi wisata di indonesia yang tak pernah sepi saat ramadan tiba. Kamu bisa mengunjungi destinasi wisata islami tersebut untuk menyambut Ramadan.

About the author

Bella Andani

Bella merupakan content writer Panji Masyarakat batch 2. Ia saat ini tengah berkuliah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jurusan Ilmu Hukum.

Tinggalkan Komentar Anda