Panji Milenial

Malas Baca Buku? Lakukan 5 Cara Ini, Dijamin Jadi Kutu Buku!

Written by Risnawati

Membaca buku menjadi kegiatan yang membosankan dan menjenuhkan bagi remaja zaman sekarang. Entah apa faktornya, tapi sejak dulu membaca buku tak menjadi kegiatan priotas tapi malah minoritas. Sehingga tak heran jika Indonesia tercatat sebagai negara yang minim baca.

Padahal membaca buku itu penting lho! Bahkan ada pepatah yang mengatakan “Dengan membaca Anda akan mengenal dunia, dengan menulis dunia akan mengenal Anda “.

Berikut lima tips untuk mengatasi rasa malas membaca. Dijamin setelah ini kamu akan jadi kutu buku. 

  1. Bacalah buku yang kamu suka

Ternyata membaca buku sesuai genre yang kita sukai itu penting. Kenapa demikian? Karena ketika kita membaca buku yang  disukai,  pasti akan menyenangkan dan membuat  penasaran.  Selain itu bikin ketagihan untuk terus membacanya sampai habis dan selesai. Kamu pun akan terhibur  dan rasa kantuk yang menghampirimu saat membaca pasti hilang  seketika. 

2. Coba awali dengan baca novel dan komik

Membaca buku bagi kaum pemula memanglah sulit. Untuk mengatasinya cobalah membaca buku-buku  yang ringan, seperti komik, cerpen, puisi, dan Novel. Kalau sudah terbiasa dan akrab dengan buku, barulah kita naikkan level dengan membaca buku sejarah, politik dan lain-lain. Coba cari referensi buku di google yang bagus dan bikin wawasanmu makin luas. 

3. Membaca sambil ngemil

Agar kamu tak jenuh saat membaca buku, siapkan cemilan terlebih dahulu. Kamu bisa menyiapkan makanan ringan, wafer, permen, atau makanan yang kamu suka. Aktivitas membaca bukumu pasti makin mengasyikkan. 

4. Cari tempat yang nyaman

Membaca buku akan lebih fokus ketika di tempat yang tenang. Cobalah cari tempat yang tenang dan nyaman buat kamu. Kamu bisa pergi ke taman sambil melihat pemandangan atau kafe terdekat agar bisa minum kopi dan rileks.  

5. Satu hari satu lembar

Supaya kita tidak malas untuk membaca buku, maka buatlah target, misal satu hari satu lembar. Tips yang terakhir ini sangatlah cocok dan jitu untuk kamu yang sedang belajar untuk menjadi kutu buku. 

Saat memulai membiasakan membaca buku memang akan terasa sulit. Tapi kalau kami punya niat dan tekad pastinya terasa ringan dan menyenangkan. Selamat membaca ya!

About the author

Risnawati

Anggota magang Panji Masyarakat Batch 1. Risna saat ini sedang berkuliah di jurusan Ilmu Hukum, Universitas Nusa Putra Sukabumi, Jawa Barat.

Tinggalkan Komentar Anda