Cakrawala

Menggalang Kearifan dan Peradaban Nusantara

Beberapa Contoh Kegiatan.

Guna mencapai serta mewujudkan Peradaban Mulai Nusantara Raya yang seperti itu, segenap potensi adat dan budaya Nusantara hendaknya bersnergi kuat melakukan kegiatan utama antara lain:

  1. Menyelenggarakan berbagai pengkajian, penelitian, seminar, lokakarya, pameran, pertemuan, gelar seni dan budaya (termasuk kearifan) Nusantara Raya dan sejenisnya, termasuk melakukan pengkajian kembali dan pelurusan sejarah Nusantara Raya versi Barat/Belanda.
  2. Melestarikan adat-budaya dan kearifan Nusantara Raya serta mengembangkannya menjadi peradaban Nusantara Raya yang mulia.
  3. Menyusun kurikulum pendidikan sejarah, budaya dan peradaban Nusantara Raya dan memperjuangkannya sehingga bisa dilaksanakan dan diwujudkan dengan baik.
  4. Memperjuangkan agar masalah pembangunan peradaban pada umumnya dan kebudayaan Nusantara Raya pada khususnya, ditangani secara sungguh-sungguh oleh lembaga tersendiri setingkat kementerian.
  5. Memperjuangkan Undang Undang Tentang Kebudayaan Nusantara Raya yang sesuai dan sejalan dengan Visi – Misi Strategi Gerakan.
  6. Membangun Jaringan (termasuk jaringan kerja) Masyarakat Pemangku Adat Budaya dan Kearifan Nusantara Raya serta pesantren-pesantren se Nusantara.
  7. Membangun kedaulatan pangan, energi dan aneka kebutuhan dasar yang berbasis pada peradaban dan sumberdaya alam Nusantara Raya.
  8. Menyelenggarakan berbagai kegiatan dan gerakan yang bertujuan untuk pelestarian dan konservasi alam serta budaya (dan kearifan) Nusantara Raya.
  9. Menyelenggarakan berbagai kegiatan dan gerakan yang sesuai dengan perkembangan keadaan bangsa dan negara di tengah tantangan zaman yang terus berkembang.Menggugah dan menggalang kesadaran masyarakat tentang pentingnya membangun peradaban Nusantara Raya yang mulia sesuai Visi – Misi Gerakan.
  10. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pendidikan, latihan, pendampingan dan pengembangan masyarakat menuju peradaban Nusantara Raya yang mulia.
  11. Menggugah dan menggalang kesadaran masyarakat tentang pentingnya membangun peradaban Nusantara Raya yang mulia sesuai Visi – Misi Gerakan.
  12. Menyelenggarakan berbagai kegiatan penerangan, komunikasi, informasi dan penerbitan termasuk di dalamnya production house, publishing house serta multi media.
  13. Menyelenggarakan berbagai kegiatan penerangan, komunikasi, informasi dan penerbitan termasuk di dalamnya production house, publishing house serta multi media.
  14. Mendorong dan mengawal pembangunan pada umumnya dan kemaritiman serta kedirgantaraan pada khususnya, baik secara nasional maupun di daerah-daerah dan pulau-pulau, yang berbasis pada komunitas, keunggulan lokal termasuk SDA dan SDM, kebudayaan serta kearifan Nusantara Raya, kelestarian ekosistem, dan konservasi alam.
  15. Mendorong dan mengawal pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kecerdasan rakyat yang berbudi pekerti luhur berdasarkan jatidiri, kearifan dan budaya bangsa sehingga membentuk peradaban Nusantara Raya yang mulia.
  16. Mendorong dan mengawal peningkatan kemampuan rakyat untuk memanfaatkan sumber daya alam dan kearifan Nusantara Raya demi kemakmuran serta kesejahteraan rakyat.

Semoga Gusti Allah Yang Maha Kuasa meridhoi, merahmati dan memberkahi usaha dan gerakan kita ini.

About the author

B.Wiwoho

Wartawan, praktisi komunikasi dan aktivis LSM. Pemimpin Umum Majalah Panji Masyarakat (1996 – 2001, 2019 - sekarang), penulis 40 judul buku, baik sendiri maupun bersama teman. Beberapa bukunya antara lain; Bertasawuf di Zaman Edan, Mutiara Hikmah Puasa, Rumah Bagi Muslim-Indonesia dan Keturunan Tionghoa, Islam Mencintai Nusantara: Jalan Dakwah Sunan Kalijaga, Operasi Woyla, Jenderal Yoga: Loyalis di Balik Layar, Mengapa Kita Harus Kembali ke UUD 1945 serta Pancasila Jatidiri Bangsa.

Tinggalkan Komentar Anda