Ads
Tasawuf

Faham Jawa Tentang Kehidupan Beragama

Inti dari kehidupan beragama menurut faham Jawa adalah akhlak atau budi pekerti luhur, terutama hidup secara jujur, benar dan adil, berbuat kebaikan serta menghindari perbuatan kasar, buruk, jahat dan kekerasan.  Salah satu manifestasi hidup secara benar yaitu hamemayu hayuning bawono, mensyukuri, menjaga dan melestarikan anugerah keindahan serta keharmonisan alam raya. Hakekat dari ajaran ini adalah sama dengan hakekat dari “rahmatan lil alamin”, mewujudkan rahmat bagi alam semesta dan segenap isinya, yang akan terwujud jika kita hidup penuh syukur, melestarikan serta menjaga keharmonisan. Bukan justru serakah tak pernah puas, menguras dan mengaduk-aduk alam raya, merusak keharmonisan.

Apa guna salat semalam suntuk jika dirusak dengan satu niat yang buruk? Apa guna puasa sepanjang hari bila dirusak dengan satu perkataan buruk? Dengan dusta dan pergunjingan? Oleh sebab itu jauhilah segala yang harus dijauhi. Jauhilah segala maksiat, kejahatan dan keburukan. Hal ini lebih baik dan lebih selamat dibanding salat, puasa dan haji. Menghindari atau mencegah keburukan harus diutamakan. Karena mencegah atau menghindari  keburukan itu sendiri juga  samadengan sudah berbuat baik. Faham ini nampaknya diambil dari ajaran tasawuf Al-Ghazali tentang taqwa (kitab Minhajul ‘Abidin), yang sayangnya dihayati secara ekstrim sehingga jika seseorang sudah sampai tingkat ketaqwaan yang sejati itu, maka sudah tidak perlu lagi mengerjakan salat lima waktu, tidak perlu lagi mengikuti syariat.

Sebagian manusia Jawa terutama rakyat kecil, menganut faham Islam Jabariah yang berujung pada fatalistis, dengan mengandaikan manusia bagaikan wayang yang perannya diatur serta dimainkan sepenuhnya oleh Sang Dalang –  Gusti Allah Yang Maha Kuasa. Oleh sebab itu manusia hidup harus pasrah, menerima nasib dan menjalani kehidupan sebagaimana adanya, tanpa harus berjuang memperbaiki atau mengubah nasib.

Tentang isi alam  raya, diyakini semua itu adalah ciptaan Tuhan. Gusti Allah menciptakan alam raya dengan segenap isinya itu sekecil apa pun wujudnya, bukan untuk main-main, bukan asal mencipta, akan tetapi semuanya mengemban misi atau tugas dan fungsi masing-masing. Sesuatu jenis tumbuh-tumbuhan yang tidak kita ketahui faedahnya misalkan, bukanlah tidak bermanfaat sama sekali. Tetapi kitalah yang belum mengetahui kegunaannya.  Oleh sebab itu manusia harus memahami hal tersebut melalui semangat hamemayu hayuning bawono, menjaga kelestarian serta kehidupan alam semesta. Bahkan jangan mentang-mentang “tidak berfaedah” lantas boleh kita musnahkan.

Lebih dari itu, terhadap setiap ciptaannya, sebagian orang Jawa juga percaya bahwa Tuhan menugaskan balatentara-Nya yang gaib atau malaikat dan makhluk halus untuk menjaganya. Penjaga itu disebut danyang. Sebagian orang Jawa lagi bahkan yakin alam semesta dengan segenap isinya itu, misalkan gunung Merapi dengan lava panasnya adalah juga balatentara Allah.

Oleh karena itu pula kita harus menghargai dan tidak boleh semena-mena terhadap ciptaan Tuhan, meski itu hanya berupa batu dan pohon misalnya. Sebab bukan tidak mungkin makhluk gaib atau danyang yang menjaganya, yang membantu mengatur urusan fungsi pohon atau bebatuan tersebut marah terhadap kita. Yang lebih celaka adalah jika penjaga itu mengadukan perbuatan kita kepada Tuhan, sehingga Tuhan murka kepada kita. Maka itu pula, meski tidak suka dan kecewa kita tidak boleh merendahkan apalagi menghina dan memaki, lebih-lebih menyebut seseorang sebagai binatang, karena itu sama dengan menghina Sang Pencipta Yang Maha Agung yang telah menciptakan seseorang tersebut sebagai manusia dan bukan sebagai binatang.

Karena percaya yang demikian maka sebagian orang Jawa mencoba berkomunikasi dan berbuat baik kepada para penjaga gaib tadi, antara lain dengan memberi nama kepada beberapa benda atau binatang yang dihormati dan disayangi, misalkan dengan nama Kyai Slamet, bahkan memberikan sesaji bunga-bungaan dan lain-lain. Itu pulalah sebabnya, di beberapa kota di Jawa, khususnya di Solo dan Yogya ada daerah yang dinamakan Pasar Kembang, yang khusus menjual kembang untuk sesaji dan ziarah kubur. (Seri Kumpulan Tulisan “Orang Jawa Mencari Gusti Allah”).

Tentang Penulis

Avatar photo

B.Wiwoho

Wartawan, praktisi komunikasi dan aktivis LSM. Pemimpin Umum Majalah Panji Masyarakat (1996 – 2001, 2019 - sekarang), penulis 40 judul buku, baik sendiri maupun bersama teman. Beberapa bukunya antara lain; Bertasawuf di Zaman Edan, Mutiara Hikmah Puasa, Rumah Bagi Muslim-Indonesia dan Keturunan Tionghoa, Islam Mencintai Nusantara: Jalan Dakwah Sunan Kalijaga, Operasi Woyla, Jenderal Yoga: Loyalis di Balik Layar, Mengapa Kita Harus Kembali ke UUD 1945 serta Pancasila Jatidiri Bangsa.

Tinggalkan Komentar Anda

Discover more from PANJI MASYARAKAT

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading